Latest Movie :

Cara Mencuci dan Merawat Clodi


Proses pencucian clodi merupakan bagian dari perawatan clodi. Proses pencucian yang benar akan membantu untuk mempertahankan agar clodi tetap awet dan berfungsi optimal. Selain itu juga, clodi perlu dilakukan perawatan secara berkala dengan stripping. 
Berikut petunjuk pencucian clodi:
Untuk penggunaan pertama kali, disarankan untuk dicuci terlebih dahulu (prewash) sebanyak 2 kali untuk menghilangkan kotoran atau residu pada waktu proses pembuatan clodi. 
Pada proses pencucian clodi setelah pemakaian, lepaskan insert dari pocket atau covernya. Apabila clodi terkena kotoran, semprot dengan air deras sehingga noda kotoran telah terbuang. Fleece yang lembut  mudah untuk dibersihkan. Jika tidak hendak langsung dicuci, maka cukup peras clodi dan tempatkan pada tempat cucian kotor. Jangan rendam clodi dalam waktu yang lama karena dapat merusak bahan. Sebaiknya cuci langsung setiap hari untuk menghindari bau dan noda kotor yang menetap. 

Gunakan free aditif detergen yaitu detergen yang bebas dari kandungan pemutih, pewangi dan pelembut. Gunakan detergen dengan takaran 1/4-1/2 dari takaran normal yang dianjurkan tiap merk yang dipakai. Sabun cuci piring dengan jeruk nipis adalah pembersih yang efektif dan aman untuk clodi, terutama pencucian pada kain microfiber (insert). Kucek dengan lembut dan bilas sampai bersih tak berbusa. 
Jangan DISIKAT untuk menghilangkan noda. Noda akan hilang dengan alami setelah dijemur diterik matahari. Pada insert, jemur diterik matahari atau angin-anginkan hingga kering. Pada bagian pocket/cover, sebaiknya jangan di jemur langsung diterik matahari, karena dapat merusak lapisan luar (PolyUrethan Laminate) sehingga tidak mampu lagi menahan bocor dengan baik. Pocket/cover dapat hanya diangin-anginkan, karena pocket/cover biasanya lebih cepat kering.


Pencucian menggunakan mesin cuci akan lebih meringankan anda dan cepat untuk proses pengeringan. Sebelum dimasukkan, rekatkan velcro/perepet pada laundri tab supaya clodi tidak menyangkut di pakaian yang lain. Hindari menggunakan sabun laundri karena dapat meninggalkan sisa-sisa pada clodi yang akan menurunkan daya serap insert dan clodi cepat bau. Saat pembilasan, atur pemakaian air dengan volume yang lebih banyak supaya lebih supaya lebih cepat bersih dari sisa busa. Keringkan seperti biasanya. Setelah clodi kering, maka dapat dipergunakan kembali dan tidak perlu DISETRIKA karena dapat merusak bahan. 
Jika clodi baik insert maupun popok kainnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka perlu untuk dilakukan stripping (perawatan berkala pada clodi dengan mencuci clodi yang masih bersih tanpa deterjen).
Share this article :

Posting Komentar

Tinggalkan komentar atas layanan kami atau klik FORM Order Buku pada menu bagian atas untuk memesan, atau hubungi 081804198130 (Iwan)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RUMBA Al-Fatih - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger